Membuat Program C++ Sederhana Untuk Pemula

Bahasa pemrograman C++ adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek, biasanya dipelajari sebelum belajar bahasa pemrograman yang lain. Mengapa lebih dulu dipelajari? Karena bahasa ini memuat banyak sekali dasar bahasa pemrograman yang linear dengan bahasa pemrograman yang lain. Jadi ketika sudah paham logika C++, biasanya lancar jaya untuk bahasa pemrograman yang lain. Ohya, tidak harus dari C++ sih, saya menulis ini karena materi pembelajaran SMK untuk awal masih menggunakan bahasa pemrograman C++. Sebelum membuat program C++ sederhana, coba lihat struktur dasar Pemrograman C++ pada gambar di bawah ini :

Yang pertama adalah #include … yang merupakan file header atau rujukan dari fungsi yang akan digunakan pada badan kelas utama misalnya include <iostream> digunakan untuk memanggil perintah cin dan cout. Int main merupakan fungsi utama yaitu fungsi yang akan dieksekusi pertama kali saat program dijalankan. Selanjutnya badan fungsi utama berisi proses pada program tersebut.

Setelah paham struktur dasar, mari kita mulai membuat program sederhana. Pertama, unduh terlebih dahulu Aplikasi Dev C++ yang merupakan salah satu tools untuk mengeksekusi bahasa pemrograman C++. Kedua, install aplikasi tersebut, dan buka. Ketiga, lakukan kegiatan di bawah ini :


Keempat, ketik program di bawah ini:


Kelima, simpan dengan nama cout, kemudian lakukan eksekusi dengan cara:

Mengapa harus Compile and Run? Compile akan memproses kode program sampai dengan perintah terakhir, dan Run akan menjalankan kode program yang sudah dicompile. Apabila hanya Run, maka compiler hanya akan mengeksekusi kode program awal. Misal ketika pertama kita menulis cout << “Dicoba”; kemudian dicompile and run kemudian menuliskan kata kedua cout << “C++”; maka untuk perintah Run, yang akan tampil hanya Dicoba saja. Apabila menggunakan perintah Compile and Run, maka akan tampil Dicoba C++.

Setelah proses kelima, selanjutnya akan tampil hasil eksekusi seperti gambar di bawah ini:

Nah, itu tadi cara membuat program sederhana dalam bahasa pemrograman C++ untuk menampilkan kata SMK Negeri 1 Bantul 🙂 Selamat mencoba 🙂

Recent search terms:

Buat program sederhana dasar c, cara buat program c pemula, cara buat program dasar c buat pemula, latihan membuat program sederhana c dengan kejarlah dunia mu seakan akan hidup selamanya, program c sederhana pemula, program dasar c sederhana
Be Sociable, Share!

2 thoughts on “Membuat Program C++ Sederhana Untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.