Mengevaluasi Ekspresi Modulus

Ketika dijumpai ekspresi aritmatik 6/4, kira-kira hasilnya berapa?
Ada beberapa ekspresi yang biasa kita lihat dalam bahasa pemrograman seperti ekspresi aritmatik, ekspresi integral, ekspresi pecahan (titik mengambang), ekspresi campuran, dan lain-lain termasuk ekspresi modulus. Ketika menjumpai soal seperti di atas, bagaimana penjelasannya? Pada pembagian 6/4, hasil bagi adalah 1 dan sisa hasil bagi adalah 2. Oleh karena kedua operan bertipe integral, maka hasilnya bukan 1.5 melainkan 1.

Cara membedakannya dengan tipe float atau desimal adalah tipe float biasanya diberi desimal di belakang angka, contohnya 6.0, 4.0 dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan 6%4? Simbol % merupakan simbol modulus atau sisa hasil bagi. Seperti penjelasan di atas, ketika 6 modulus 4 maka akan menyisakan sisa hasil bagi 2 sehingga hasilnya 2. Coba perhatikan perbedaan hasil di bawah ini:
Dalam pengerjaan modulus, apabila nilai sebelah kiri lebih kecil daripada nilai yang sebelah kanan, sisa hasil bagi atau modulusnya adalah nilai sebalah kiri yang lebih kecil tersebut. Agar lebih jelas, coba perhatikan sintak di bawah in:
 
Hasilnya:
Semoga bermanfaat, selamat mencoba 🙂

 

Recent search terms:

cara mengatasi cout not declared di dev c
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.