Anak SMA/K: Cari Duit Tambahan Selama Liburan? Bisa!

Libur tlah tiba… Libur tlah tiba… Hatiku …

Halo kawan! Apa kabar? Nggak kerasa sebentar lagi Ujian Kenaikan Kelas atau yang sekarang berganti nama menjadi PAS (Penilaian Akhir Semester). Setelah PAS, sudah dipastikan ada jatah waktu liburan. Terus, apa rencanamu untuk liburan kali ini? Jalan-jalan bersama teman-teman? Nanti ujungnya wacana. Kalau di rumah? Pasti gabut banget ya! Mau keluar nonton? Kok inget kalau minim uang jajan.

Sudah, jangan sedih kalau tidak ada uang jajan maupun tidak ada kegiatan. Aku punya beberapa tips nih untuk mengisi waktu liburan kamu. Langkah pertama, kamu harus menyusun rencana. Kira-kira kegiatan apa sih yang membuat kamu tidak bosan, tidak bikin capek, tidak menyita waktu, tapi bisa menghasilkan banyak uang?

KENALI BAKATMU

Berbicara soal bakat, mungkin beberapa di antara kita masih bingung ya. Tidak apa-apa. Sederhananya, bakat atau passion itu adalah suatu hal di mana kita tidak menyerah meskipun mengalami kegagalan berkali-kali. Tidak mudah bosan dan terus berusaha. Misal melukis. Sebenarnya tidak pandai melukis, tapi pantang menyerah untuk belajar. Nah, coba sekarang diingat lagi, apa kegiatan yang tidak membuatmu mudah menyerah?

Howard Gardner membagi kecerdasan menjadi 8 ranah: Matematis-Logis (penghitungan), Linguistik (bahasa), Visual-Spasial (gambar), Musik, Interpersonal (berkomunikasi dengan orang lain), Intrapersonal (mengatur emosi), Natural (alam), dan Kinestetik (gerak). Semua anak memiliki 8 kecerdasan di atas, tapi memang ada kecenderungan. Nah, kamu cenderung yang mana?

Misalnya kamu cenderung linguistik atau tertarik dengan bahasa. Nggak ada salahnya mencoba menulis puisi, cerpen, opini, artikel, dan lain-lain kemudian dikirimkan ke media. Media bisa media cetak maupun elektronik. Bisa ke koran, majalah, maupun website yang membutuhkan freelancer. Selain dapat uang, kan juga bisa numpang eksis, hehe. Atau senang bikin kue? Bisa dititipkan di warung tetangga 🙂

TULARKAN BAKATMU

Setiap anak pasti memiliki bakat tertentu. Misal pandai berenang atau pandai matematika. Nah, tidak ada salahnya kamu membuka bimbingan belajar untuk tingkat di bawahmu (SD atau SMP) untuk bakat yang kamu punya tadi. Selain nambah uang jajan, kamu juga dapat pahala karena sudah menularkan ilmu yang kamu punya. Pada saat yang bersamaan, kamu akan banjir pengalaman karena kamu akan menemukan banyak hal saat mengajari orang lain.

MAGANG

Kalau liburan mendekati lebaran seperti ini, pasti banyak toko baik restoran, toko pakaian, toserba, dan lain-lain yang membuka outsourcing atau tenaga lepas. Tidak ada salahnya mencoba melamar. Bisa juga untuk tambahan uang saku lebaran nanti kan? Tapi kamu harus mencari info lowker-nya lebih awal ya! Agar saat liburan sudah bisa langsung kerja.

JUALAN

Akhir-akhir ini banyak yang memanfaatkan media sosial untuk jualan. Kamu juga bisa kok. Rajin baca artikel yang mendukung jualan online agar tidak tertipu pembeli dan ilmu beriklan anti spam. Kamu juga bisa jadi reseller atau bikin barang sendiri kalau kamu memang kreatif. Bagi yang cantik atau ganteng, bisa juga tuh buka endorse.

Sekian dulu tips menambah uang jajan selama liburan. Semoga liburan kamu kali ini penuh dengan kegiatan positif ya! Tambah lagi bisa cari uang jajan sendiri. Salam sukses!

 

Penulis : felisitas // Editor : akhiharuni

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.