Kemah Hore Di Family Camp Kalikuning Adventure Park

Dok. Pribadi

Suatu hari di tengah kepenatan dunia sekolahan (ngajar, ngoreksi, nggenahke siswa, Try Out kelas XII, dan sebagainya), ada notif taktuntuang di WA komunitas. Guess what? Sebuah ajakan piknik ke alam terbuka pemirsa! Wah mata saya langsung ijo seketika. Tau sendiri kan saya ini bu guru yang merangkap tukang dolan juga. Hehehe. Saat itu juga langsung daftar ke Contact Person yang tertera dan alhamdulillah masih ada seat. Mau tau gimana serunya? So please welcome to the family camp!

Sebagai orang yang males ribet tapi pengen bahagia, family camp di Kalikuning Adventure Park ini udah menjawab semuanya. Misal kamu pengen camp tapi males mendirikan tenda, bawa-bawa perlengkapan dan sebagainya, berarti udah bener kalau kamu memutuskan nginep di sini. Mungkin kamu penasaran sama bentuk penginapannya? Ini dia!

Dok. Pribadi

Ada 6 #tendafamilykalikuning yang tersedia di sini. Lumrahnya diisi 4 orang, tapi kalau berdua juga boleh. Mau honeymoon? Bisa aja. Tapi memang paket standarnya untuk 4 orang. Dengan budget minimum, kamu sudah dapet tiket masuk, makan, snack, matras, sleeping bag, bantal, kayu bakar, dan alat masak. Ya alat masaknya jangan dibayangin kompor gas 2 tungku + gas + wajan ya, hehe. Lampu? Colokan? Aman! Info paketnya, ini nih:

Dok. Titin

Kebetulan kakak perempuan saya tinggal di Kalikuning (daerah Gondang), jadi pas ada event di #kalikuningadventurepark, sungguh langsung excited. Yang jelas selain saya cukup hafal jalan menuju ke sana, juga ada tempat transit jikalau ada apa-apa. Ohya, sudah tau letak persis Kalikuning Adventure Park?

Sebelum sampai TPR Kaliurang, ada pertigaan yang ada penanda jalan arah Kaliadem. Ambil arah kanan ikuti jalan raya sampai perempatan yang agak menceng. Nanti pas di perempatan, belok kiri ikuti jalan Bebeng sampai TPR Kalikuning. Setelah itu lanjutkan perjalanan sampai ada gapura (sponsored by Le Minerale), jalan pelan sampai nemu JEEP JAYA. Sekitar 50 meter setelah JEEP JAYA itulah tempatnya. Kiri jalan. Masih bingung sama penjelasan saya? Yaudah tanya Maps aja (emoticon kzl).

Saya sampai lokasi pukul 17.30 menjelang maghrib. Setelah membubuhkan tanda tangan di form registrasi, saya mempersiapkan diri mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu ramah-tamah di Pendopo Kalikuning Adventure Park. Ramah tamah dilanjutkan dengan pembagian family camp (saya dapat family camp #4). Sejenak beberes kemudian mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu sarasehan. Pas sarasehan, jelas saya melongo (semoga nggak ada yang lihat). Saya merasa memasuki dunia baru yang tidak saya kenal dan parahnya saya tidak memiliki bekal apapun. Basic ilmu saya di bidang IT tidak membantu saya sedikitpun. Super so sad namun malah memacu rasa ingin tau saya: sebenarnya Merapi ini siapa? Kalikuning Park itu apa? Nah untuk isi sarasehannya bisa diakses di sini ya >> ILMU BARU: ZONASI TAMAN NASIONAL GUNUNG MERAPI. Usai sarasehan, kami diminta menuju camp masing-masing untuk istirahat. Yang tidak kebagian family camp, tidurnya di sini nih:

Dok. Pribadi

Loh, boleh mendirikan tenda? Bolehlah! Ini tempat lengkap. Mau tidur di family-camp bisa, tenda bisa, pendopo ada 2, selain itu juga ada mushola, kamar mandi, spot foto, dan tracking-area. Buat kamu mah, bebas. Asal jangan bawa-bawa kenangan #eh

Dok. Aan Pambudi

Jadi setelah sarasehan, saya beberes di kamar mandi kemudian menata matras dan sleeping bag bersama rekan satu kamar. Kebetulan karena posturnya pada langsing, jadi satu family-camp bisa diisi 5 orang: Lilis, Nisa, Rizka, Elza, dan saya. Setelah itu kami beristirahat sampai subuh tiba. Awalnya tak kira pengap karena tidak ada ventilasi yang terlihat. Eh ternyata di pinggir bawah (antara lantai dengan atap) ada ruang pergantian udaranya. Kebetulan milih posisi paling pinggir dan nggak sengaja ngebayangin gimana kalau tiba-tiba ada tangan dari bawah. Hahaha (efek kebanyakan nonton film horor) Pukul 00.00 saya berhasil tidur ditemani hawa sejuk Merapi. Pagi tiba. Adzan berkumandang. Sinar mentari menembus sela-sela dinding. Pagi yang sempurna. Dilanjutkan bersiap untuk MINI TRACKING KALIKUNING ADVENTURE PARK, SIMPLE TRACK YANG VIEW-NYA NGGAK SIMPLE.

Kalau ditanya seneng atau enggak, jelas seneng. Tapi ada juga beberapa hal yang mungkin harus lebih diperhatikan oleh pengelola. Pertama, saya suka sekali cuci tangan atau membasuh muka. Jadi untuk bisa mengakses kran, saya harus menuju arah kamar mandi, sangat tidak efisien ya. Tempat sampah juga masih belum ada, gantungan baju juga belum dipasang, dan perlunya keset di depan pintu agar terjaga kebersihannya. Overall nyaman digunakan. Untuk kegiatan organisasi (pengukuhan, perkenalan, makrab, dll) juga cocok. Kalau luang, main-main ke sana ya! 🙂

Be Sociable, Share!

One thought on “Kemah Hore Di Family Camp Kalikuning Adventure Park

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.