MEDI-CALL APP, One Of Traveller Needs

Travelling adalah kebutuhan. Setelah 5 hari (atau bahkan 6 hari) kerja, rasanya dzolim jika tidak mengistirahatkan pikir dengan piknik sejenak. Mendatangi tempat-tempat baru. Kulineran. Boleh juga ke tempat-tempat lama yang memang sudah verified 😀 Tapi yang namanya traveller, apalagi backpacker, harus mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat detail. Misalnya saya nih yang sakit maag, ya harus bawa obat maag. Nah kalau sakitnya itu nggak biasanya terjadi dan qadarullah kita berada di lokasi yang kita nggak tau letak klinik/RS terdekat? Ya panggil layanan kesehatan aja lewat MEDICALL-APP, one of traveller needs.

“Oom, kalau Klinik/RS gitu ada layanan yang bisa dipanggil 24 jam nggak sih. Kalau pas aku main ke mana gitu ndilalah kondisi drop. Tapi na’udzubillaahi min dzalik. Hehehe.” Kebetulan Oom berkunjung ke rumah, beliau adalah perawat UGD di sebuah rumah sakit besar di Jogja.

“Ya ada to, setiap rumah sakit itu pasti ada. Cuma, layanan itu biasanya dibebankan pada anggota IGD/UGD. Jadi ya terkendala jumlah SDMnya. Nggak mungkin to ninggalin RS, lha kalau ada pasien masuk?”

Dari percakapan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan panggil 24 jam di Klinik/RS itu pasti ada, namun kita harus memahami bahwa SDM RS sangat terbatas untuk layanan tersebut. Beberapa RS pun hanya melayani pada hari dan jam tertentu saja. Trus kalau kita pas travelling, di mana nggak tau klinik di mana, fasilitas layanan panggilan pas available apa enggak.. Waduh..

Nah, hari Sabtu kemarin, saya ikut agenda Launching MEDICALL-APP di Hi-Lab Kotabaru. Apa sih itu? Bagi kalian yang sering menggunakan aplikasi layanan jasa seperti GOJEK, aplikasi ini cenderung mirip. Kalau Gojek ya layanan antar, Medi-Call ya layanan kesehatan. Perbedaan yang lain tapi masih senada: driver GOJEK sudah memiliki SIM, dokter atau perawat MEDI-CALL sudah memiliki Surat Izin Praktik (SIP).

Mudah Digunakan Kapan Saja

Layanan MEDI-CALL APP ini 24 jam lho. Baik pas lagi travelling dan butuh bantuan segera atau pas sakit sendirian di rumah dan tidak ada yang mengantar (ingat kasus suami-istri lansia di Magelang yang meninggal di rumah sendiri dan baru diketahui seminggu kemudian?), tinggal klik, maka dokter atau perawat akan datang ke lokasi yang dibutuhkan. Alurnya seperti ini:

Sudah Mencakup Wilayah Jabodetabek, Bandung, Bali, Surabaya dan Jogja

Alhamdulillah, MEDI-CALL sudah hadir di kota-kota besar di Jawa dan Bali. Jadi semakin mantap untuk piknik ke Bandung karena layanan kesehatan terjamin. Yeay! Kalau saya sendiri sih domisili di Jogja, jadi sudah bisa menggunakan aplikasi ini secara lokal. Bagi kamu yang lagi piknik atau berdomisili di wilayah tersebut tapi pas cek Apps kok belum ada dokter atau perawat yang available, bisa lho menginformasikan ke saudara/tetangga/pacar/gebetan yang berprofesi sebagai dokter/perawat untuk bergabung dengan MEDI-CALL melalui https://medicall.id/daftarpartner . Meskipun sudah 256 dokter umum sudah terdaftar, MEDI-CALL masih mengadakan oprec. Ohya bagi yang di luar wilayah tersebut, sabar ya… Jangan sedih. Berat. Kamu nggak akan kuat. Tunggu MEDI-CALL release saja. (Demam Dilan)

Bisa Request By Time Maupun Gender

Terkadang kita sibuk kerja dan baru bisa luang pukul 5 sore. Tidak memungkinkan ke Rumah Sakit atau klinik kesehatan terdekat karena sudah lelah. Nah Medi-call ini bisa booking dulu, janjian dulu sama dokternya menggunakan filter by time. Selain itu, untuk memberikan kenyamanan ekstra, terutama saya nih muslimah, MEDI-CALL memfasilitasi kita dengan filter by gender. Jadi, bisa milih dokter perempuan deh!

Biaya Terjangkau

MEDI-CALL belum mengakomodasi pengguna Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) namun sudah bisa diakses pengguna Jaminan Kesehatan swasta seperti Allianz. Untuk masing-masing wilayah, biaya layanannya berbeda-beda. Kalau di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali, tarif dasarnya 200.000 (dokter) dan 120.000 (perawat). Wilayah Jogja sendiri tarif dasarnya 100.000 saja. Mungkin ada pertanyaan: bagaimana kalau dokter/perawatnya berada di tempat yang jauh? Bila masih dalam jangkauan 5 km, gratis ongkos bensin. Bila lebih dari 5 km, ya ada tambahan ongkos bensinnya. Denger-denger, ada potongan biaya sebesar 50% untuk kurun waktu tertentu lho. Cek aja!

Bayar Tunai Atau Transfer Tidak Masalah

Pelayanan MEDI-CALL sangat memudahkan pasien. Selama ini, pembayaran utama MEDI-CALL menggunakan uang tunai. Namun apabila uang tunai pasien tidak mencukupi dari jumlah biaya yang harus dibayarkan, pasien dapat mengirimkankan kekurangannya melalui transfer.

Obat Bisa Langsung Didapat Lewat K-24

Setelah diperiksa, dokter atau perawat akan memberikan obat yang bisa langsung dipesan dari K-24 (https://www.k24klik.com/). Sudah jelas mengapa ber-partner dengan k-24 ya. Karena K-24 merupakan salah satu apotek dengan pelayanan 24 jam.

Terjaganya Data Pasien dan Pasien Mendapat Salinan Medical Record

Di manapun, riwayat kesehatan haruslah bersifat rahasia untuk menghargai pasien. Begitu pula keunggulan MEDI-CALL Apps ini. Pelayan kesehatan di MEDI-CALL Apps dibekali dua lembar medical record, satu untuk MEDI-CALL (yang dipastikan terjaga kerahasiannya), satu untuk pasien (bila esok hari bertemu dengan dokter yang berbeda dari dokter sebelumnya).

Apabila Sudah Di Luar Kemampuan Dokter/Perawat, Pasien Akan Dirujuk

Dokter atau perawat juga hanyalah manusia yang selalu berusaha mengupayakan yang terbaik untuk pasien. Namun terkadang pasien memang benar-benar perlu dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap peralatannya. Oleh karena itu dokter/perawat MEDI-CALL juga dibekali surat rujukan ke rumah sakit terdekat agar pasien bisa segera dijemput menggunakan ambulans dari rumah sakit dan segera ditangani menggunakan alat yang lebih lengkap.

Sekian dulu cerita saya tentang MEDI-CALL App. Kamu bisa kunjungi situs resmi-nya di https://medi-call.id 🙂 Atau search di playStore/AppStore dengan keyword : medi-call. Percaya deh, kalau kamu traveller, kamu perlu install MEDI-CALL Apps ini biar tenang pas di perjalanan. Aplikasi ini juga helpful banget bagi kita yang memiliki anak balita (panas-demam, alergi, dsb) dan keluarga lanjut usia (hipertensi, diabetes, post stroke, dan gangguan vaskular). Pelayanan yang lain dari MEDI-CALL misalnya vaksinasi difteri, HPV, influenza, dan rabies. Jangan lupa ya. Panggil dokter dan perawat homecare ke rumah Anda dengan aplikasi Medi-call. Kini tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, (DIY) Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Layanan 24 jam dokter umum dan perawat homecare medi-call.

Be Sociable, Share!

One thought on “MEDI-CALL APP, One Of Traveller Needs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.