Ramadhan Sebentar Lagi, Sudah Sedia Camilan Sehat Untuk Buka Puasa Belum?

Kurma Medjool and me

Hari Kesehatan Dunia esok hari. Ramadhan sebentar lagi. Nggak kerasa ya? Alhamdulillah dikaruniai iman Islam jadi bisa merasakan nikmatnya puasa sebulan dalam setiap tahunnya. Loh, kan laper? Iya, tapi sehat. Secara medis, dalam setahun kita memang dianjurkan berpuasa 30-40 hari. Tidak lain sebagai proses detoksifikasi. Bila usus, hati, pankreas, lambung, dan alat pencernaan yang lain istirahat sejenak, bukankah kerjanya nanti akan lebih optimal?

Sayang sekali ramadhan bukan kita agendakan untuk menyehatkan jiwa dan raga, melainkan untuk ajang buka bersama. Makanan pembuka biasanya terlalu manis dan dingin. Dilanjutkan menu utama yang berbau minyak atau bakaran. Ya boleh, tapi kok kurang sehat aja. Padahal dalam 9 jam puasa, tubuh kita sudah mampu menormalisasi gula darah karena proses detoksifikasi lho. Eh kok akhirnya diracunin lagi. Nah mumpung masih bisa menyiapkan camilan buka puasa dari sekarang, aku kenalin camilan sehat untuk buka puasa ya.

Pertama kali saya lihat kurma ini di Superindo. Dari boxnya kok eksklusif banget ya? Ukurannya pun lebih besar dan teksturnya nice. Dan biasanya, tekstur kurma itu lengket dan basah. Rasanya pun manis sekali. Nah, kurma ini beda. Kurma Medjool tumbuh di daratan Amerika, tepatnya di California dan memang hanya bisa tumbuh di daerah tersebut. Banyak yang mengamini bahwa ini adalah kurma dengan kualitas terbaik di dunia. Ya saya heran dong. Kok bukan kurma dari Arab sih yang bagus?

Setelah saya mencoba, tekstur kurma ini memang lebih padat dan agak renyah. Rasanya tidak begitu manis. Bahkan menurut saya, ada rasa mint yang membuat lidah saya agak kebas. Maklum, lidah jawa. Ukurannya besar, lebih besar dari ukuran kurma biasa. Kenapa kurma terbaik? Karena kurma ini hidup dari penelitian ilmuwan. Kok bukan kurma Ajwah sesuai hadits Rasulullah? Kurma Ajwah adalah kurma Arab yang berkah atas doa Rasulullah. Jadi keduanya bagus, yang penting jangan kurma-kurmaan aja (alias kecoa, hiiii).

Saya pribadi agak kurang bisa makan kurma Medjool secara langsung. Untungnya, BODJO, pemenang Indonesia Pastry Alliance (IPA) membuat varian produk baru dengan bahan baku Kurma Medjool California.

Nana Kadjool

Nana Kadjool ini semacam bolu rasa kurma. Teksturnya lembut, rasanya manis pas. Entah mengapa nyatu banget kurma Medjool dalam kue yang ini. Rasanya 7 dari 10 deh.

Dates Pie Nana

Yang ini terpaksa saya bawa pulang. Karena enak sekali. Seperti pie kebanyakan yang memadukan kue basah dan kering, Dates Pie Nana pun begitu. Bedanya tentu saja bagian tengahnya berisi kurma Medjool dan banana. Rasanya 8 dari 10 deh.

Selain pie, saya juga bawa pulang dates cookies. Manisnya super pas. Gurihnya super pas. Ukurannya super pas. Apalagi buat camilan buka puasa, ya nagih. Tapi harus berhenti sebelum kenyang lho ya meski Dates Cookies ini bikin khilaf mulut kita. Rasanya 9 dari 10.

Kulit bakpia ini bukan dari tepung biasa melainkan dari dehydrated potato. Teksturnya super skripsi eh krispi. Dalemnya ada kurma Medjool pastinya, dibuat semacam selai tapi super lembut. Rasanya 9 dari 10.

Nah itu tadi beberapa varian produk kalau kamu nggak bisa makan Kurma Medjool secara langsung seperti saya. Tapi kalau mau dijadikan camilan langsung, toh selain sehat juga irit waktu dan biaya. Hehehe. Ohya ada Kismis juga dari Natural. Alhamdulillah dikasih banyaaak, tau aja saya suka bikin kue. Hehehe. Kan seger banget kalau browniesku ditaburi kismis.

Sekian dulu ya! Salam sehat dan selamat menanti Ramadhan!

Recent search terms:

cemilan yang mudah dibuat dan bikin kenyang
Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.