Cara Mencari Surat Bebas Narkoba Dan Sehat Jasmani Rohani Di Bantul

Untuk keperluan studi, melamar pekerjaan, dan sebagainya, terkadang suatu instansi memberikan syarat Surat Bebas Narkoba. Jadi meskipun kita benar-benar bukan pengguna zat-zat adiktif tersebut, kita tetap harus mengikuti prosedur dengan benar.

Saat saya mencari lewat mesin pencari, tidak saya temukan artikel yang memberi arahan untuk mencari Surat Bebas Narkoba di Bantul. Jadi saya putuskan untuk membuat artikel ini, siapa tau membantu. Ohya, Surat Bebas Narkoba itu bisa dicari di beberapa Rumah Sakit, tapi kali ini syaratnya harus dari Rumah Sakit Pemerintah. Oleh karenanya, saya memilih RSUD Panembahan Senopati, yang paling dekat dari rumah. Sebelum berangkat, jangan lupa beli map dulu ya biar rapi. Ohya dalam artikel ini saya sertakan cara mencari Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani.

Pertama, setelah parkir, silakan menuju ke lantai 2 arah Zona 3 (sebelah timur). Kemudian ambil nomor antrian. Setelah dipanggil, diminta KTP untuk mencocokkan data dan ditanya nomor HP yang sekarang. Setelah itu kita diminta untuk menuju ke Klinik Umum dr. Eddy Darmanto.

Kedua, sampaikan nomor antrian ke petugas Klinik Umum (masuk aja). Di dalam ruangan, kita akan dicek tekanan darahnya beserta berat badan, tinggi badan, dan golongan darah (sebaiknya mengetahui TB, BB, dan goldar masing-masing). Setelah itu berkas akan diserahkan oleh petugas Klinik Umum ke Klinik Jiwa di sebelahnya.

Ketiga, dipanggil oleh petugas Klinik Jiwa untuk mengisi beberapa data. Proses pengisiannya di Skill Lab dan sudah disediakan meja kursi beserta pensil. Usahakan tetap membawa alat tulis seperti pulpen, pensil, dan penghapus. Kemudian data diserahkan kembali ke petugas dan ditunggu sebentar untuk mendapatkan lembar kecil pengantar ke Lab. Lanjut ke Instalasi Laboratorium yang letaknya di lantai satu. Dari Zona 3 ke arah barat, ada tangga turun, ambil kanan.

Keempat, ambil nomor antrian Lab, nunggu dipanggil. Setelah dipanggil, menuju Loket 1untuk mendapatkan konfirmasi. Silakan duduk untuk menunggu panggilan masuk Lab (Loket 2).

Kelima, setelah masuk ke Loket 2, nanti disediakan wadah untuk menampung urin kita. Usahakan sebelum tes minum yang banyak lah biar kerasa ingin BAK. Dan agar warnanya tidak kuning tua. Lalu tunggu sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk pemanggilan hasil Lab.

Keenam, bila hasil lab sudah di tangan, segera menuju kasir. Bisa di samping APOTEK dekat pendaftaran ZONA 3. Untuk pembayarannya sebagai berikut :

  • Biaya pendaftaran : 1.000 rupiah
  • Pemeriksaan Laboratorium : 70.000 rupiah (Cek Urin untuk Bebas NAPZA)
  • Pemeriksaan dokter jiwa : 56.000 rupiah (untuk Surat Keterangan Sehat Rohani)
  • Pemeriksaan dokter umum : 15.000 rupiah (Surat Keterangan Sehat Jasmani)
  • Wood Worth : 43.000 rupiah (Tes Psikologi untuk Surat Keterangan Sehat Rohani)

Jadi total biayanya 185.000 rupiah. Nota dari kasir diserahkan ke bagian Klinik Jiwa. Setelah nota diserahkan, maka petugas akan memberikan surat-surat yang kita butuhkan yaitu Surat Keterangan Sehat Jasmani, Rohani, dan Bebas Narkoba. Dan proses panjang pun selesai. Demikian yang bisa sedikit saya bagikan. Semoga bermanfaat 🙂

Be Sociable, Share!

One thought on “Cara Mencari Surat Bebas Narkoba Dan Sehat Jasmani Rohani Di Bantul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.