MENGAPA HARUS BELAJAR KELAS MAYA?

Tidak terasa sudah hampir satu tahun melewati masa pandemi Covid-19. Sebelum pandemi, kita terbiasa menyelenggarakan pembelajaran secara tatap muka: menyimak penjelasan dari guru secara langsung, juga bertemu teman-teman untuk melepas penat. Namun, tiba-tiba ditemukan virus baru di China yang mudah menyebar dan menyebabkan tingginya angka kematian! Hal tersebut secara tidak langsung memaksa kita untuk menyesuaikan.

Nah, ternyata pandemi covid-19 ini memberikan dampak yang cukup besar bagi dunia pendidikan. Salah satunya adalah kita harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh (online). Pokoknya serba online. Pemberian materi online, tugas online, sampai ujian semester-pun online. Lalu, apa hubungannya dengan Kelas Maya?

Seiring berkembangnya teknologi, kita dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Saat pandemi menyerang, kita tidak kekurangan akal. Kita bisa memanfaatkan teknologi kelas maya untuk mendukung proses pembelajaran. Apa itu kelas maya? Kelas maya merupakan Learning Management System (LMS) atau sebuah lingkungan belajar yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung. Isinya dapat berupa materi-materi, kuis, tugas, bahkan ujian semester. Semua terangkum secara teratur dan urut, sehingga peserta didik tidak kebingungan ketika ada tugas yang belum selesai atau ada materi yang belum terbaca. Semua runtut di dalam kelas maya. Dengan kelas maya, guru tetap dapat bercakap dengan peserta didik melalui fitur chatting sesuai dengan kelas maya dipilih. Lho, kok dipilih, memangnya kelas maya itu berapa? Ya banyak… Contohnya Google Classroom, Edmodo, Schoology, dan sebagainya. Dalam artikel ini, akan disampaikan tentang Google Classroom ya!

Source: Google

Google Classroom dibuat oleh Google dan dapat diakses secara gratis. Di dalam Google Classroom, kita dapat melakukan serangkaian kegiatan produktif seperti mengakses materi, mengirimkan tugas, dan berdiskusi.

Akses Materi

Menyapa dan Diskusi

Oke setelah kita mengenal beberapa manfaat Kelas Maya, kita belajar cara mendaftar dan menggunakan kelas maya ya!

Cara Mendaftar Google Classroom

Sebelum mendaftar Google Classroom, pastikan kita memiliki akun google terlebih dahulu ya, cara membuat akunnya bisa klik link berikut >> Cara Membuat Akun Gmail Baru. Oke, sekarang kita cari dulu google classroom:

Setelah tampil di halaman pencarian, kita klik LOGIN:

Kita login menggunakan email yang sudah dibuat sebelumnya ya!


Jangan lupa isi sandi dan klik Berikutnya >> dan voilaaaaa! Kita sudah berhasil masuk ke Google Classroom! Klik Lanjutkan ya!

Setelah klik lanjutkan, akan tampil Google Classroom kita dan di bagian pojok kanan atas terdapat dapat (+). Klik + dan Gabung ke kelas. Selanjutnya, isi kode akses, lalu klik Gabung.


Selesai sudah proses gabung atau masuk di kelas Google Classroom. Untuk akses materi, next post ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.