Pemanfaatan Mesin Pencari (Search Engine)

Tingginya kebutuhan informasi memunculkan berbagai macam mesin pencari atau search engine. Namun perlu diketahui bahwa mesin pelacak memiliki algoritma berbeda antara satu dengan yang lain. Bahasa sederhananya, algoritma itu urutan penyelesaian suatu masalah. Misalnya, saya membuat es teh dengan menuangkan gula dulu baru teh, sedangkan kalian menuangkan teh dulu baru gula. Hasilnya sama-sama es teh di akhir, namun prosesnya berbeda.

Search Engine, Source: Freepik.com

Saat ini, Google menjadi mesin pencari yang memiliki peminat paling banyak. Selain karena kecepatan pencarian, juga hasil yang dicari hampir memenuhi keinginan pengguna. Hal tersebut dikarenakan Google memiliki database yang cukup lengkap dari seluruh dunia. Nah, dalam uraian kali ini, kita akan mempelajari:

  • Pemilihan kata kunci yang sesuai pada mesin pencari
  • Cara menyimpan hasil pencarian

Oke langsung kita mulai ya!

PEMILIHAN KATA KUNCI YANG SESUAI PADA MESIN PENCARI

Ada banyak mesin pencari di internet contohnya adalah Google, Yahoo, bIng, dan lain-lain. Mesin pencari Google merupakan mesin pencari teks yang dapat melakukan indexing seluruh halaman web. Apa maksudnya? Google dapat mencari setiap suku kata dalam web, tidak hanya judul atau deskripsi saja. Oleh karena itu, untuk mempermudah kita mendapatkan informasi yang lebih spesifik, tepat, dan cepat, kita perlu menyertakan kata kunci. dengan sintaks khusus. Sintaks khusus ini nantinya akan mempersempit hasil pencarian sehingga mudah untuk pemilihan halaman yang dianggap tepat. Berikut sintaks-nya:

  • AND

Apabila kita menuliskan dua kata pada kotak kata kunci, maka secara baku Google akan menambahkan perintah AND di antara kedua kata tersebut. Contoh: Simulasi Digital. Google akan melakukan pencarian yang sesuai dengan kata Simulasi dan Digital.

  • OR

Jika kita menuliskan ‘Simulasi Digital’, maka Google akan melakukan pelacakan judul, URL, maupun deskripsi yang setidaknya berisi salah satu dari kata simulasi atau digital.

  • + (simbol plus)

Apabila kita ingin mencari informasi ‘bagaimana cara membersihkan pakaian yang terkena cat warna dengan keyword ‘how to clean the clothes ….’, maka Google akan mengabaikan kata HOW tersebut. Agar hasil yang didapat hanya tentang bagaimana cara membersihkan pakaian yang terkena cat warna, maka gunakan simbol tambah di depan kata how tanpa diserta spasi. Contoh: clean the ….. +how

  • – (simbol minus)

Terkadang, hasil pencarian tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Kita mencari simulasi, namun kata simulator juga tampil pada hasil pencarian. Oleh karena itu, kita gunakan sintak – sehingga Google menyaring pencarian hanya untuk simulasi. Contoh: simulasi -simulator

  • * (simbol bintang)

Simbol ini nantinya menghasilkan pencarian dengan kata tambahan di tengah dua kata. Contoh: Aku * Siswa (Hasil pencariannya bisa Aku bukanlah siswa, aku seorang siswa, aku semangat menjadi siswa, dsb)

  • site: 

Contohnya adalah jathilan site:id (Hasil pencariannya menampilkan semua situs web yang hanya berasal dari Indonesia yang terkait dengan jathilan. Contoh lain site:uk untuk United Kingdom dll)

  • filetype:

Apabila kita ingin mencari dokumen dengan format tertentu seperti docx/xlsx/pdf/jpeg dan lain-lain, maka gunakan sintaks ini.  Contoh: Indonesia Merdeka filetype:pdf

Sampai sini, bisa dipahami ya? Lanjut ke…

MENGOLAH HASIL PENCARIAN

Ada banyak sekali cara mengolah hasil pencarian tergantung kebutuhan kita. Namun ada satu tips yang akan saya sampaikan di bawah ini:

  • Menyimpan halaman secara utuh dapat secara langsung pencet tombol Ctrl +S di keyboard dan disimpan di tempat yang kita inginkan. Formatnya dalam file HTML.
  • Menyalin teks dengan blok semua teks lalu pencet tombol Ctrl+C. Buka Ms Office Word lalu tempelkan teks yang sudah disalin. Apabila teks yang disalin ternyata berantakan, dapat menggunakan TIPS ditempel terlebih dahulu di Notepad baru kemudian dipindah ke Ms Office Word.
  • Menyimpan gambar dengan cara klik kanan, pilih Save Image As.
  • Mengunduh PDF/DOC tinggal klik dokumennya maka akan secara otomatis tersimpan di HP/laptop kita.

Oke sekian dulu penjelasan kali ini, setelah membaca, silakan meninggalkan jejak dengan menuliskan tanggapan/pertanyaan di kolom komentar ya. Terima kasih, salam Digital 🙂

3 thoughts on “Pemanfaatan Mesin Pencari (Search Engine)

  1. Erina Wati says:

    saya sangat senang mengetahui materi ini, karena sangat membantu saya akan tahu tentang pencarian di google dengan cara- cara yang sangat mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.